Minggu, 03 Maret 2013

About Otaku

Otaku adalah istilah dari bahasa Jepang yang digunakan untuk mengacu kepada orang2 yang memiliki minat yang obsesif,biasanya dalam hal anime,manga dan video games.
Dalam bahasa aslinya otaku artinya rumah(dari sudut pandang orang kedua).Istilah Otaku kemungkinan besar berasal dari percakapan antara penggemar anime yang selalu menyapa lawan bicaranya dengan sebutan otaku yang merupakan bentuk paling sopan untuk kata ganti orang ke dua dalam bahasa Jepang baku,atau dalam bahasa Indonesia disebut 'anda'.
Dan dengan berlalunya waktu,arti dari kata ini bergeser kepada pengertian di atas.

Kalau menurut persepsi orang Inggris,otaku itu mengandung makna 'freak' atau 'geek'.Tapi menurut orang Jepang,otaku itu orang penyendiri yang aneh dan jarang keluar rumah karena hobinya itu.Dan sekarang otaku bisa diartikan sebagai 'orang yang tergila-gila pada suatu tema,topik,atau hobi tertentu.
Dengan kata lain,arti dari otaku itu sebetulnya sangat luas penggunaannya.

*Otaku secara positif dan Negatif

Belakangan ini,istilah otaku dalam arti luas sering dapat mempunyai konotasi negatif atau positif bergantung pada situasi orang yang menggunakannya.

-istilah otaku secara negatif 
digunakan untuk penggemar fanatik suatu subkultur yang letak bagusnya tidak dimengerti secara umum,atau orang yang kurang mampu berkomunikasi dan sering tak mau bergaul dengan orang lain.

-istilah otaku secara positif
digunakan untuk menyebut orang yang sangat mendalami suatu bidang hingga mendetail,dibarengi tingkat pengetahuan yang sangat tinggi hingga men2pai tingkat pakar dalam bidang tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar